Web Hosting untuk Blog Anda

Ketika kita memutuskan ingin memiliki sebuah blog yang berjalan pada domain name kita sendiri, beberapa hal akan segera mampir kedalam pikiran kita. Selain pertama, adalah nama domain yang akan kita pergunakan, kedua adalah jasa web hosting mana yang akan pantas menjadi host buat data online kita.

Jika memilih nama domain sepenuhnya menjadi alasan personal dan sangat subyektif berdasar pada identitas pribadi yang kita inginkan, tidak selalu demikian dengan pemilihan jasa web hosting. Pertimbangan yang matang diperlukan dalam memilih penyedia jasa web hosting ini.

Hal pertama yang direkomendasikan untuk kita lakukan adalah meriset penyedia jasa layanan ini. Kita bisa googling dengan berbagai kata kunci yang ada dalam pikiran kita, misalnya web hosting murah, hosting murah, atau web hosting handal, hosting indonesia atau web hosting top. Semua sah, dan boleh kita cari. Disana, kita akan temukan banyak penyedia yang mengklaim kata kunci itu. Mulailah mensortir dan memilah nama-nama yang ada itu.

Kedua, jangan ragu untu bertanya dan minta rekomendasi teman yang lebih dulu nge-blog atau memanfaatkan jasa sebuah penyedia web hosting. Tanyakan segala hal yang kita rasa kita perlu tau, mulai pelayanan, hardware sampai pada institusinya. Beberapa point pertanyaan yang bisa kita tanyakan antara lain adalah, lokasi server, persentase uptime, paket-paket hosting yang ada, panel pengaturan, jumlah email, jumlah sub domain, bandwidth dan lain-lain.

Ketiga, ketika kita sudah menemukan target yang kita inginkan, jika kita tidak buru-buru dan tidak ingin kecewa belakangan hari, kita bisa tanyakan pada sang target itu apakah bisa dicoba dulu. Biasanya, ada versi demo atau trial untuk beberapa hari. Penyedia web hosting umumnya akan membantu kita untuk mengenal siapa mereka. Mereka juga ingin nama baiknya terpelihara kan? Jangan sampai beli kucing dalam karung, kata orang jerman.

Keempat, pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika hanya untuk personal blogging dan tidak ingin menimbun file dalam server, hitungan beberapa puluh megabyte dirasa cukup. Toh, nanti kalau kurang bisa di upgrade atau juga sebaliknya di downgrade.

Kelima, bayar! Yah, jika sudah mantep ya bayar aja. Mulailah nge-blog. Jika merasa kesulitan instalasi, biasanya penyedia web hosting tak akan keberatan untuk membantu proses instalasi software yang kita inginkan. Kita bisa terima jadi dan tinggal nge-blog apa yang kita suka. Juga bisa mulai mengais dollar jika kita ingin me-monitize blog kita.

Tak kalah penting dalam memilih penyedia jasa web hosting ini, dan ini cenderung personal, adalah pahami sepenuhnya siapa penyedia jasa web hosting itu. Beberapa kasus yang sering terjadi adalah kurangnya pertanggung jawaban dari pihak penyedia jasa web hosting. Diawal transaksi, janji pelayanan muluk-muluk bahwa servernya tidak akan pernah down, bahwa pelayanan mereka 24/7, bahwa akan dibantu optimasi SEO nya, dan bejibun janju lain. Tetapi ketika satu hari kita menghadapi masalah, mereka dihubungi saja susah, menjawab email pun tidak, bahkan tak jarang yang kemudian hanya tinggal nama. Ga ketahuan kemana rimbanya orang-orang yang semestinya bertanggung jawab itu. Kalau bisa, pilihlah penyedia jasa web hosting yang ada di kota anda, yang kantornya bisa anda kunjungi dan anda yakin mereka eksis. Mungkin, ini berlebihan, tapi sah-sah aja kita menanyakan legalitas usahanya. Apakah mereka mempunyai badan hukum yang sah, apakah mereka membayar pajak, dan lain-lain. Ini akan sangat membantu anda di belakang hari jika hal-hal yang tidak diinginkan benar-benar terjadi.

Oleh : Riff – CoratCoret.Com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: